Monday, January 2, 2017

#UPERP8UAS04 - Contoh Transaksi ERP dan Analisa ERP nya

Hallo kembali lagi bersama saya Hamtaro UPERP8!
Disini saya akan menganalisa sisi ERP salah satu transaksi jual-beli saat saya membeli keperluan sehari-hari di salah satu minimarket, tentunya saya juga berbincang-bincang dengan Kasir Minimarket nya karena ada beberapa hal yang tidak saya tahu, tetapi setelah itu saya memiliki gambaran untuk dianalisis dari sisi ERP nya. Berikut gambar dan analisa sisi ERP nya versi saya:


  1. Label minimarket yang berada di posisi paling atas yaitu "Indomaret" dengan nama waralaba CHAZALI HUSNI SITUMORANG menunjukkan bahwa itu merupakan identitas nama dan kepemilikan usaha dari minimarket tersebut, hal ini termasuk ke dalam bisnis proses Modul CRM/Marketing dan Sales.
  2. Jl. Raya Ciomas RT.001 RW.001 Ciomas - Bogor menunjukkan alamat lengkap dari minimarket tersebut yang dapat memudahkan para customer nya untuk mencari keberadaan toko, menanyakan keluhan dan saran, dan hal lainnya. Hal ini termasuk ke dalam bisnis proses modul CRM/Marketing dan SalesNPWP 09.812.334.2.404.001 menunjukkan jika minimarket ini telah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak yang sudah terdaftar.
  3. CIOMAS BOGOR 0251-636860 merupakan nomor telepon minimarket ini yang bisa dihubungi, termasuk dalam informasi penting sebuah perusahaan selain alamat perusahaan.
  4. 02/01/2017 09:11:49 merupakan tanggal dan waktu transaksi Pembelian Pulsa secara real time ketika struk ini dicetak, sehingga setiap transaksi yang terjadi di minimarket ini dapat termonitor oleh pihak manajemen toko. Hal ini termasuk ke dalam bisnis proses modul Purchase.
  5. 7510000102021149 merupakan nomor struk transaksi. Nomor transaksi tersebut biasa digunakan sebagai nomor bukti transaksi yang sangat berguna bagi pemilik ataupun pihak manajemen toko yang dapat memudahkan penelusuran transaksi, hal ini termasuk ke dalam bisnis proses modul Setting/Admin karena berupa informasi transaksi. G113F520 merupakan nomor keterangan mesin yang digunakan saat menginput daftar belanja. 253504840904 merupakan nomor transaksi pembelian pulsa, karena disini saya selain berbelanja juga membeli pulsa untuk modem saya.
  6. Nomor Handphone, Nilai Pulsa dan Nomor Serial Pulsa merupakan keterangan dari produk yang saya beli, yaitu berupa pulsa yang akan diisi ulang untuk nomor modem (nomor handphone) saya senilai Rp. 200,000. Kemudian disitu ada keterangan informasi call center terkait provider pulsa yang saya beli untuk layanan konsumennya misal jika ada keluhan atau gangguan saat pengisian atau pemakaian pulsa, hal ini termasuk modul Purchase.
  7. 02/01/2017 09:12 merupakan tanggal dan waktu transaksi pembelian seluruh item transaksi secara real time ketika struk ini dicetak, sehingga setiap transaksi yang terjadi di minimarket ini dapat termonitor oleh pihak manajemen toko. Hal ini termasuk ke dalam bisnis proses modul Purchase.
  8. 14148/EKA/01 merupakan Nomor Identitas Karyawan/Nama Karyawan/Keterangan Shift. Hal ini termasuk modul Setting/Admin.
  9. Bolt, Kopiko, dan Dewberry menunjukkan nama item transaksi beserta harga dan jumlah quantity nya tiap item, sehingga memudahkan costumer dalam mengecek item transaksinya sudah benar atau belum, hal ini termasuk ke dalam bisnis proses modul Purchase dan modul Accounting & Finance.
  10. 211,800 menunjukkan  total harga yang harus dibayarkan pihak customer, total harga tersebut didapat dari quantity item yang ada dalam transaksi dikalikan dengan harga masing - masing item dan kemudian dijumlahkan. Sayangnya, dalam total harga tersebut tidak terdapat unit currency IDR. Hal ini termasuk ke dalam bisnis proses modul Purchase dan modul Accounting & Finance.
  11. Tulisan Tunai menunjukkan informasi jumlah uang yang diberikan customer kepada pihak kasir. Hal ini termasuk ke dalam bisnis proses modul Purchase.
  12. Jika ada kembalian (dalam hal ini saya mengeluarkan uang yang pas sehingga tidak ada kembalian), maka akan ada tulisan Kembali yang menunjukkan uang kembalian yang harus dikembalikan ke customer yang diperoleh dari pengurangan uang yang diberikan customer ke kasir dengan jumlah uang yang terbayar sehingga tidak ada pihak yang dirugikan apabila ada kelebihan atau kekurangan dalam pembayaran. Hal ini termasuk ke dalam bisnis proses modul Purchase.
  13. Adanya Informasi seputar Dasar Pengenaan Pajak (DPP) dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari semua item transaksi yang ada.
  14. Terdapat informasi ucapan TERIMA KASIH, SELAMAT BERBELANJA KEMBALI dan LAYANAN KONSUMEN INDOMARET yang menunjukkan ucapan terima kasih telah berbelanja dari pihak minimarket dan adanya keterangan Layanan Konsumen seperti nomor SMS, Telepon, dan E-mail yang bisa dihubungi. Hal ini termasuk ke dalam bisnis proses modul Purchase dan modul Accounting & Finance.

    Dari sisi ERP, analisa proses bisnis diatas, menurut saya kekurangannya adalah :

    1.  Dalam total harga tersebut tidak terdapat unit currency IDR, seharusnya lebih di detailkan lebih lanjut.
    2. Diberikan informasi nama no.struk atau no.mesin struk yang misalkan nantinya akan mempersulit ketika orang awam komplain terkait no.struk nya.

    Kesimpulan :
    Analisa proses Minimarket Indomaret dari segi ERP sudah cukup baik, sistemnya telah bisa mendeteksi secara otomatis, tertelusur dan real time, identitas yang melayani transaksi, dan keterangan pajak yang lengkap berikut NPWP perusahaannya, hanya saja tidak ada keterangan penjelasan atau informasi nama yang mana no.struk atau no.mesin struk yang misalkan nantinya akan mempersulit ketika orang awam komplain terkait no.struk nya.

    Cukup sekian hasil analisa ERP saya terhadap struk transaksi Minimarket Indomaret. Semoga hasil postingan saya ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang membacanya.
Selain itu kalian juga dapat melihatnya dalam berbagai versi yang sudah saya simpan
dalam Google Drive, yaitu :
- Untuk versi word dapat dilihat dan didownload disini
- Untuk versi pdf dapat dilihat dan didownload disini

No comments:

Post a Comment